Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[Download] Draft Lengkap Kurikulum 2013 Update 3 Maret 2013

Sobat New Generations...
Pemerintah telah menggembar-gemborkan bahwa ditahun 2013 ini akan merombak lagi kurikulum pendidikan sebelumnya. Entah sudah beberapa kali sebenarnya kurikulum pendidikan Indonesia ini diganti atau cuma sekedar direvisi beberapa bagiannya. Tujuan dari itu semua sebenarnya tetap satu, yaitu ingin bersaing dengan dunia pendidikan negara-negara maju lainnya. Selain itu untuk lebih mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang tertuang didalam pembukaan UUD 1945 alenia 4.

Kurikulum 2013 ini sebenarnya sudah digodok dari pertengahan tahun 2012. Hingga sekarang pun masih belum mendapatkan titik kepastian yang jelas. Memang terjadi banyak perubahan yang dilakukan dengan kurikulum yang masih dipergunakan pada tahun ini. Hal ini terlihat dari jumlah jam pelajaran yang ditambah dari beberapa mata pelajaran inti hingga pergantian yang dulu menggunakan Standar Kompetensi (SK) dirubah menjadi KI (Kompetensi Inti) yang tiap butir-butir penjabaran tiap pelajarannya pun berubah.

Tim pembuat kurikulum 2013, terakhir berkumpul dan membahas mengenai hal ini pada tanggal 3 Maret 2013. Dari pertemuan tersebut masih menghasilkan berupa draft atau rancangan dari kurikulum 2013 itu sendiri.

Berikut Draft Kurikulum 2013 per 3 maret 2013 dari tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat, dan SMA/Sederajat yang bisa sobat download sebagai gambaran secara garis besar kurikulum 2013 tersebut.

LINK DOWNLOAD KURIKULUM 2013
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SD/MI
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SMP/MTs
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SMA/MA

Semoga bermanfaat bagi para tenaga pendidik seluruh Indonesia. Jaya selalu Pendidikan Indonesia.
Salam,
Yang Muda Yang Terdepan