Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Evaluasi Tes

Sobat New Generations.....
Kita tentunya sudah tidak asing dengan istilah "tes". Bahkan kita tentunya pernah mengalami dan melakukannya. Tapi apakah sobat mengerti apa sebenarnya "tes" tersebut itu apa? Ada bermacam-macam rumusan tentang makna dari tes tersebut.

Drs. Amir Daien Indrakusuma dalam bukunya Evaluasi Pendidikan mengatakan demikian
"Tes adalah suatu alat atau prosedur yang sistematis dan objektif untuk memperoleh data-data atau keterangan yang diinginkan tentang seseorang dengan cara yang boleh dikatakan tepat dan cepat".


Sedangkan Muchtak Bukhori dalam bukunya Teknik-Teknik Evaluasi mengungkapkan bahwa :
"Tes ialah suatu percobaan yang diadakan untuk mengetahui ada atau tidaknya hasil-hasil pelajaran tertentu pada seorang murid atau kelompok murid".

Seorang ahli pendidikan dari luar negeri Webster's Collegiate yang apa bila diartikan dalam bahasa indonesia juga mengungkapkan dalam kutipannya yaitu:
"Tes adalah serentetan pertanyaan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, inteligensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok".

Dari beberapa kutipan tersebut dapat diambil garis besar bahwa pengertian dari tes tersebut adalah:
"Tes merupakan suatu alat pengumpul informasi tetapi jika dibandingkan dengan alat-alat yang lain, tes ini bersifat resmi karena penuh dengan batasan-batasan".

Apabila ditinjau dari segi kegunaan untuk mengukur siswa, maka tes dapat dibedakan atas 3 macam, yaitu :

1. Tes Diagnostik
Tes diagnostik adalah tes yang digunakan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan siswa sehinggan berdasarkan kelemahan-kelemahan tersebut dapat dilakukan pemberian perlakuan yang tepat.

2. Tes Formatif
Dari arti kata form yang merupaka dasar dari istilah formatif maka evaluasi formatif dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana siswa telah terbentuk setelah mengikuti sesuatu program tertentu.
Tes formatif ini sangat bermanfaat sekali baik bagi guru maupun siswa. Penjabaranya dapat dilihat dibawah ini.

Manfaat bagi siswa

  • Digunakan untuk mengetahui apakah siswa sudah menguasai baha program secara menyeluruh.
  • Merupakan penguat bagi siswa.
  • Sebagai diagnosis. Maksudnya dengan dilakukan tes formatif siswa dengan jelas dapat mengetahui bagian mana dari bahan pelajaran yang masih terasa sulit.


Manfaat bagi guru

  • Mengetahui sampai sejauh mana bahan yang diajarkan dapat diterima siswa.
  • Mengetahui bagian-bagian mana dari bahan pelajaran yang belum menjadi milik siswa.
  • Dapat meramalkan sukses dan tidaknya seluruh  program yang akan diberikan.


3. Tes Sumatif
Evaluasi sumatif dilaksanakan setelah berakhirnya pemberian sekelompok program atau sebuah program yang lebih besar. Dalam penggunaannya disekolah, tes formatif fapat disamakan dengan ulangan harian, sedangkan tes sumatif dapat diartikan sebagai ulangan semester.

Manfaat Tes Sumatif :

  • Untuk menentukan nilai.
  • Untuk menentukan seorang anak dapat atau tidak mengikuti kelompok dalam menerima program berikutnya.
  • Untuk mengisi catatan kemajuan siswa.
Semoga bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungannya.

Salam,
Yang Muda Yang Terdepan