Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laptop dan Notebook, Adakah Perbedaannya?

Sobat New Generations...
Sekedar curhat saja ini sob,.....
Banyak sekali teman-teman dan orang sekitar saya yang masih dibingungkan dengan istilah Lektop dan Notebook. Ada salah satu sobat New Generation yang bertanya kepada saya tentang perbedaan Laktop dan Notebook tersebut. Terus terang saya juga masih belum paham mengenai hal tersebut. Dengan sedikit bercanda saya jawab saja perbedaan dari lektop dan nootbook itu hanya dinamanya saja, semuanya sama saja.
Setelah saya coba browsing di google, saya dapatkan beberapa pernyataan yang membahas mengenai pokok bahasan ini. Secara garis besar apa yang saya dapatkan melalui google saya rangkum seperti dibawah ini :

Pada awalnya komputer pribadi hanya ada 2 jenis, yaitu desktop dan laptop. Desktop berasal dari kata Desk (meja) dan Top (atas) yang berarti komputer yang diletakkan diatas meja. Sedangkan laptop sendiri gabungan dari dua kata, Lap yang berarti pangkuan dan Top yang artinya atas, yang berarti komputer yang diletakkan diatas pangkuan.

Nah, pada perkembangannya lebih banyak orang yang bekerja dengan laptop yang ditaruh diatas meja daripada meletakannya di pangkuan. Karena memangku laptop terlalu lama bisa menjadi berbahaya, karena suhu atau hawa yang ditimbulkan komputer ini sangat panas hal ini diakibatkan oleh terbatasnya sirkulasi udara pada laptop.

Lalu muncul model laptop yang menjadi lebih kecil dan lebih ringan, dimana besar komputernya sama besar dengan buku tulis yang biasa dijinjing, yang kemudian disebut dengan notebook. Jadi sebenarnya laptop atau notebook itu sama-sama komputer mini. Yang membedakan cuma penyebutan istilah yang muncul akibat pergeseran makna dimana berpengaruh pada penempatan posisi pemakaian komputer itu sendiri.

Oc sobat New Generations, sekarang jelaskan mengenai apa itu laktop dan nootbook. Ternyata jawaban asal saya tersebut ada benarnya, karena memang lektop maupun notebook adalah sama saja, yaitu merupakan sebuah komputer mini.

Salam, 
Yang Muda Yang Terdepan