Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhitungan Reliabilitas dengan Menggunakan Alpha Cronbach

Sobat New Generations....
Berbeda dengan soal tes pilihan ganda atau multi choose, untuk soal uraian atau angket untuk menghitung reliabilitas instrument tersebut haruslah menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hal ini disebabkan setiap butir soal uraian maupun angket menghendaki gradualisasi penilaian. Jadi setiap nomer soal tidak memiliki bobot penilaian yang sama.

Dengan menggunakan Alpha Cronbach memang cukup merepotkan, karena kita harus menghitung nilai dari varians tiap-tiap item terlebih dahulu untuk mendapatkan varians totalnya.

Untuk lebih jelasnya, sobat bisa simak contoh dibawah ini :
Seorang peneliti melakukan riset kepada sampel dengan memberikan suatu angket kepada 33 siswa. Lampiran skor Angket STAD dapat didownload disini.

Download juga tabel penolong untuk memudahkan perhitungan reliabilitas dalam format excel disini.
Terakhir download langkah perhitungan yang saya buat dalam word disini.

Apabila ketiga data tersebut berhasil didownload, maka sobat tinggal membaca dan memahaminya, bahkan sobat juga bisa menggunakan format yang telah saya buat diatas dan tinggal sobat ganti saja nilai angka sesuai hasil skor angket penelitian sobat.

Sebenarnya saya ingin menuliskannya langsung diblog ini tiap langkah dan tabel penolong Perhitungan Reliabilitas dengan Menggunakan Alpha Cronbach, tetapi dengan keterbatasan fasilitas diblog New Generations yang sederhana ini, jadi saya mengalami kesusahan yang teramat sangat.

Bagi yang belum jelas dengan penjabaran saya diatas,bisa sobat layangkan pertanyaan langsung dikomentar blog ini atau kirim saja ke email New Generations (Radenmas.Endox@gmail.com)

Semoga bermafaat dan terima kasih telah berkunjung.

Salam,
Yang Muda Yang Terdepan